Monday, April 1, 2013

Supaya Sehat, Pelajari Cara dan Waktu Makan Buah yang Benar

Semua orang pasti mengenal buah dan manfaatnya, tapi tidak banyak orang yang tahu bahwa memakan buah dengan cara salah dan waktu yang tidak tepat dapat mengubah nilai manfaatnya. Buah-buahan kaya akan serat dan berbagai macam vitamin. Buah merupakan alat untuk detoksifikasi dan penyedia gula alami. Bila dimakan dengan benar, maka buah akan sangat bermanfaat bagi tubuh manusia. Makan 3 porsi buah setiap hari bisa membersihkan tubuh dari racun dan membantu sistem pencernaan. Namun tidak banyak orang yang tahu kapan waktu makan buah yang benar, sebelum ataukan sesudah makan? 

"Sistem pencernaan kita sudah diciptakan dengan sempurna. Maka makan buah dapat kapan saja, baik sebelum atau sesudah makan," Dr. Samuel Oetoro, SpG.K., ahli gizi klinik FKUI RSCM, dalam artikel yang pernah ditulis. Bila anda tidak memiliki masalah lambung, maka makan buah sebelum makan akan memberi hasil terbaik. Hal ini akam membuat nutrisi dalam buah akan lebih banyak terserap oleh tubuh. Untuk orang yang ingin menurunkan berat badan, makan buah sebaiknya dilakukan sebelum makan, agar perut cepat merasa kenyang. Tapi untuk orang dengan penyakit tertentu seperti radang lambung atau maag, sebaikny amakan buah sesudah makan agar tidak menaikkan asam lambung. 

Berikut ini adalah penjelasan tentang cara makan buah yang benar dan waktu yang tepat untuk mengkonsumsinya agar bisa memberikan manfaat yang maksimal untuk tubuh : 

1. Di pagi hari saat sarapan
Level gula dalam darah biasanya lebih rendah dari normal pada saat kita bangun tidur. Makan buah di pagi hari dapat membantu untuk meningkatkan gula darah secara perlahan. Karena sistem pencernaan telah diam sepanjang malam, makan buah adalah cara restart yang lembut di pagi hari. Buah dengan kandungan glikemiks yang adalah pilihan yang paling tepat seperti apel, pir, anggur, rasberry, peach, ceri dan blackberry. Sebaiknya makanlah sesuatu yang hangat seperti sup sebelum memakan buah.

2. Makan buah dalam keadaan perut kosong
Makan buah dalam keadaan perut kosong akan membuat penyerapan buah oleh tubuh menjadi maksimal. Setelah makan buah, beri tenggang waktu 30 menit sebelum anda makan makanan lainnya. 

3. Makan buah di antara jam makan
Orang dewasa sebaiknya memakan dua porsi buah setiap hari. Saat yang paling baik untuk makan buah adalah 30 menit sampai 1 jam sebelum makan atau diantara jam makan, khususnya antara makan siang dan makan malam karena pada jam-jam ini kadar gula darah tubuh sangat rendah sehingga buah segar bisa menyegarkan dan memberikan energi.

4. Hindari makan buah setelah makan
Perut kita membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mencerna makanan yang terdiri dari nasi, daging dan sayuran, sedangkan buah sangat mudah dicerna. Buah yang kita makan akan dengan mudah berfermentasi di dalam perut sehingga menyebabkan ketidak nyamanan bahkan sakit. Jika anda ingin makan buah setelah makan, beri jeda selama 2 jam. Ini untuk memastikan bahwa makanan yang sebelumnya sudah dicerna dengan baik oleh tubuh sebelum buah masuk ke dalam tubuh. 

5. Jangan makan buah yang bersifat asam dan manis bersamaan
Karena sifat kandungan buah yang berbeda, memakan buah yang bersifat asam dan manis bersamaan hanya akan menghambat bahkan menghancurkan nilai gizi buah itu sendiri atau gangguan pencernaan. Buah yang bersifat asam contohnya : jeruk peras, apel hijau, lemon, jeruk, nanas, strobery, dsb. Buah yang bersifat manis contohnya : pisang, srikaya, durian, melon, longan, kesemek, dsb

6. Memasak buah
Memasak buah tidak sepenuhnya buruk karena tidak semua kandungan gizi dalam buah juga hancur selama proses memasak. Sebagai contoh, jika anda memasak pai apel misalnya, kulit yang dikupas menyebabkan hilangnya serat dan proses pemanggangan membuat vitamin C berkurang namun potasiun yang juga baik untuk tubuh tidak ikut hilang. Jadi pai apel juga masih mengandung nutrisi sebaik buah apel segar. 

7. Hindari buah yang sudah diproses
Buah kaleng, buah yang dikeringkan atau buah yang sudah diproses biasanya mengandung banyak gula, pengawet atau bahan kimia tambahan lainnya yang tidak baik bagi kesehatan tubuh. Jika menyantap buah biasa atau bukan organik, sebaiknya direndam dulu selama 5 menit dalam air panas supaya lilin yang melekat pada kulit buah hilang. Bila lebih suka minum jus buah segar dalam kemasan, sebaiknya pilih jus yang dikemas dengan teknologi UHT (Ultra High Temperature) agar kandungan gizinya tidak hilang. Bila sudah dibuka, jus kemasan harus langsung dihabiskan. Maksimal 3 hari setelah dibuka tidak boleh dikonsumsi lagi.



No comments:

Post a Comment

Post a Comment